Internet Memperlancar Pekerjaanku Meski di Tengah Perkebunan Sawit

Aku adalah seorang karyawan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan. Salah satu bidang usaha yang digeluti adalah Parent Stock Breeding Farm. Seperti diketahui, Breeding Farm biasanya terletak di tempat yang jauh dari pemukiman penduduk dengan sistem biosecurity yang ketat. Seperti Farm tempat aku bekerja yang berada di tengah-tengah perkebunan sawit. Maklum, ayam-ayam itu sangat sensitif terhadap penyakit macam Flu Burung yang tidak juga reda kasusnya.

Waktu itu bulan Juli 2010, ketika aku mulai ditugaskan di Breeding Farm yang terletak di perbatasan Kab. Bogor (Jabar) dengan Kab. Lebak (Banten). Sungguh kaget ketika melihat lokasi Farm yang besar di tengah-tengah kesunyian kebun sawit milik BUMN. Setiap karyawan tidak bisa keluar masuk Farm sembarangan. Akses untuk ke minimarket terdekat pun berkilo-kilo jauhnya dengan jalan berbatu. Bahkan sempat terlintas pertanyaan apakah benar disini ada sinyal ponsel? Huffh, Bak terjebak di lorong gelap.

Pada hari pertama bekerja aku langsung tahu kesulitan yang dialami Farm. Atasanku pusing dengan data-data dan administrasi yang selalu dikirim lewat Flashdisk, padahal jarak ke kantor pusat lebih dari 100 km. Sangat tidak efisien. Sontak aku teringat dengan benda ajaib. Ya, MODEM! Dengan sedikit ragu aku mencoba mencolokkan modem ke PC, dan Wow, luar biasa!!! Aku tak menyangka ada koneksi internet meski hanya GPRS. Satu demi satu data aku kirimkan via email. Masalahpun terpecahkan.

Pada saat itu orang-orang di Farm memang tidak terlalu familiar dengan koneksi internet nirkabel. Hingga setelah kejadian itu aku mengusulkan agar kantor menyediakan modem untuk kepentingan pekerjaan di Farm. Atasanku pun mulai menggunakan modem untuk aktivitas cyber-nya. Aku berusaha menanamkan pentingnya internet kepada karyawan yang sebagian besar orang pedesaan. Pekerjaan di Farm jadi lebih mudah dan efisien. Internet menjadi hiburan yang sangat mengasyikkan di Farm yang sangat jauh dari hiruk pikuk keramaian. Informasi tetap terupdate dan yang pasti wawasan karyawan makin luas.

Setelah setahun lebih, koneksi internet di Farm telah semakin baik. Internet menjadi familiar di tengah-tengah perkebunan sawit. Kini, aku telah dimutasi di Kantor Pusat. Sungguh bahagia berbagi ilmu dengan temen-teman di Farm. Internet benar-benar membuatku XLANGKAH LEBIH MAJU!

Bravo Internet..!!!

Tinggalkan Balasan

